Permasalahan pada komponen PC

Permasalahan pada motherboard dan solusinya :
1.Overheat pada Komponen CPU
Penyebab pertama dari kerusakan pada motherboard adalah kaqrena terjadinya overheat alias panas berlebih pada beberapa komponen CPU anda. Beberapa kompoenen CPU yang sering mengalami pansa berlebih biasanya adalah processor, hardisk, RAM, VGA Card, komponen tersebut dapat menyebabkan kerusakan pada motherboard apabila tidak segera diatasi permasalahan overheatnya.
 Cara mengatasinya : Overheat
Untuk dapat mengatasi masalah overheat yang dapat merusak motherboard, maka ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mencegah terjadinya overheat. Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk mencegah overheat :
Gunakan extra fan atau kipas tambahan
Selalu gunakan aplikasi seperlunya, jangan kebanyakan
Sesuaikan aplikasi yang anda jalankan dengan spesifikasi komputer anda
Selalu maksimalkan ruang pembuangan udara panas komputer, seperti kisikisi udara.
Dengan cara tersebut, maka bisa dijamin komputer dan juga laptop kamu tidak akan mengalami overheat, dan akan terhindar dari kondisi kerusakan pada motherboard.

2. IC komponen Terbakar
IC merupakan salah satu kontroler yang dapat menjalankan fungsi dari komponen CPU. Gangguan pada IC berpotensi merusak motherboard, terutama apabila IC mengalami korsleting dan akhirnya terbakar.

Cara mengatasinya :
Menjaga IC Agar Tidak Terbakar
Untuk menjaga agar IC komponen tidak terbakar, maka hal yang harus kamu lakukan adalah dengan cara mengurangi panas berlebih, seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya. Overheating akan menyebabkan IC menjadi terbakar dan mengalami gangguan, sehingga dapat menyebabkan motherboard menjadi mengalami kerusakan.
Permasalahan pada Memory  RAM dan solusinya :
1.Komputer menjadi lambat
Setelah kalian berhasil menyalakan Komputer/Laptop dan menjalankan beberapa Program, beberapa saat setelah program dijalankan tiba tiba kinerja computer anda semakin menurun maka hal ini ada kemungkian RAM anda ada masalah, kadang masalah lain pada Hardisk dan prosessor juga bisa, akan tetapi tidak ada salahnya kalian memeriksa RAM kalian terlebih dahulu karena mengecek keadaan RAM adalah langkah Paling mudah.
Cara mengatasinya :
Mengecek dan Mengganti RAM
Anda harus mengecek kesehatan ram,jika sudah tidak normal maka ganti dengan yg baru
2.Blue Screen

anda sedang menjalankan program tiba tiba layar computer anda berubah menjadi biru ini merupakan ciri-ciri RAM anda bermasalah.


Cara mengatasi  : blue screen
Cabut ram dari motherboard,lalu bersihkan pin emas ram dengan penghapus pensil lalu pasang kembali / ganti dengan yg baru.
Permasalahan pada Harddisk dan solusinya :
1.Harddisk berisik
saat harddisk tiba-tiba berisik dan mengeluarkan bunyi aneh, Anda harus waspada karena hal ini merupakan salah satu gejala kerusakan harddisk. Bunyi mengganggu yang dikeluarkan harddisk tersebut karena adanya beban kerja terlalu keras, namun proses transfer file dari laptop atau PC tidak diterima oleh harddisk karena adanya error


cara mengatasinya
cek kesehatan hardisk, jika sudah tidak sehat lalu ganti dengan yg baru
2.Proses Loading lama
saat harddisk mengalami proses loading yang lama namun blink lampu LED harddisk menunjukan bawha perangkat tersebut tengah bekerja juga merupakan salah satu gejala adanya kerusakan.Hal ini bisa di sebabkan karena adanya komponen di dalam harddisk yang mengalami error sehingga tidak bisa membaca data
Cara mengatasi :
Ganti hardisk dengan yg baru
Permasalahan pada VGA card
1.Komputer hidup tapi tidak tampil di layar monitor (Black screen)
Kerusakan ini biasa terjadi karena ada kerusakan pada bagian port vga 
Cara mengatasinya :
Bersihkan vga lalu coba, jika sama berarti vga telah rusak, ganti vga card
2. Tampilan pada monitor agak bergaris ( Artefak)
Biasanya tanda-tanda seperti itu merupakan pertanda bahwa usia VGA sudah hampir habis. 


Cara mengatasi : 
Untuk memperpanjang usia VGA sebaiknya tidak menggunakan Resolusi yang paling tinggi dan tidak menginstal program aplikasi atau game diluar kemampuan VGA
Permasalahan pada Power Supply 
1.Power supply mati total (tidak ada reaksi saat tombol power ditekan)
kerusakan ini bisa terjadi karena pemakaian yg berlebihan dan cara mematikan komputer tidak sesuai prosedur (mematikan paksa) dapat mengurangi umur power supply dan jadi mati total


Cara mengatasinya :
Ganti power supply
2.Komputer sering restar sendiri 
Kerusakan ini terjadi karena cara mematikan komputer tidak sesuai prosedur (paksa) , dan tegangan listrik yg tidak stabil / sering turun menyebabkan kerusakan pada power supply.
cara mengatasinya : 
Gunakan stabilizer dan mengganti power supply


Komentar

Postingan populer dari blog ini

AKU PASTI BISA

Bahasa inggris

Tugas Mendiagnosa pc XI tkj 2